911 Hot NewsEkonomi

PRODUKSI PADI MENURUN, ANCAM KETERSEDIAAN BERAS DI KEDIRI

Memasuki musim kemarau panjang membuat produksi padi di wilayah Kediri menurun dan menjadi ancaman dalam memenuhi kebutuhan warga Kediri yang masih mencapai 5 ribu ton hingga akhir tahun. Kantor Cabang Perum Bulog Kediri akhirnya mengambil langkah antisipasi dengan mendatangkan beras dari luar daerah.

Pemimpin Kantor Cabang Perum Bulog Kediri, Imam Mahdi, menyatakan bahwa sekarang tingkat produksi oleh petani rendah. Lebih lanjut, selain karena menurunnya produksi, kekurangan beras juga disebabkan banyaknya petani yang berganti tanaman, seperti tebu dan jagung. Dikarenakan komoditi tersebut tidak membutuhkan banyak air, yang sukar diperoleh saat musim kemarau seperti saat ini.

Baca Juga

Hal tersebut dapat menimbulkan kenaikan harga sebab permintaan tinggi dari masyarakat melampaui ketersediaan barang. Sehingga solusi lainpun diberikan, “Untuk menjaga daya beli masyarakat, kami mengadakan pasar murah,” ujar Imam.

Selain itu, pengambilan barang impor oleh Bulog dilakukan karena berbagai faktor, di antaranya yakni akibat perang Rusia-Ukraina yang menyebabkan harga pupuk meningkat serta cuaca drastis memicu kemarau panjang. “Itu (impor beras, Red) bukan untuk mematikan harga petani. Tapi kami melihat cadangan beras pemerintah sangat kurang kalau tidak impor. Makanya kami mengadakan percepatan,” jelasnya. Harapannya adalah para petani tetap mau menanam padi. (YO – Faydina Rizki/Radar Kediri)


Editor :
Publisher :
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button