911 Hot NewsInternasional

Timor Leste Bantah Kerja Sama Dengan China

AMEG.ID, Jakarta – Presiden Timor Leste – Jose Ramos Horta menegaskan, tidak ada pembahasan kerja sama militer apapun antara Timor Leste dengan China. Hal ini diungkapkan Ramos usai muncul berbagai kekhawatiran setelah penandatanganan Kerangka Kerja Sama Strategis Komprehensif antara China dengan Timor Leste.

Melansir CNN Indonesia, Jose mengatakan, Australia dan Indonesia bisa tidur nyenyak karena Timor Leste tidak akan menjadi masalah keamanan bagi negara tetangganya. Kesepakatan yang ditandatangani pekan lalu antara Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao dan Presiden China Xi Jinping itu mencakup kerja sama pembangunan di bidang pertanian dan infrastruktur.

Baca Juga

Hal itu disampaikan oleh Jose, menyusul berbagai kekhawatiran setelah penandatanganan Kerangka Kerja Sama Strategis Komprehensif, antara China dengan Timor Leste. Perjanjian itu juga “memberi ruang” bagi pendanaan dari China, termasuk pinjaman pemerintah dan komersial untuk Timor Leste.

“Dalam hal kerja sama militer tidak pernah dibahas, tidak pernah dibahas dan pihak China juga tidak pernah mengangkat masalah ini,” ujar Presiden Ramos. (IC-BG/CNN INDONESIA)


Editor :
Publisher :
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button