911 Hot NewsNasionalPeristiwa

Gempa Bumi 4.3 Magnitudo Mengguncang Jember Jawa Timur

AMEG.ID, Jember – Hari ini (19/10/2023) sekitar jam 4 sore tadi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa bumi yang terjadi di wilayah Barat Daya Jember Provinsi Jawa Timur.

BMKG menyebut, lokasi gempa itu berada di kedalaman 10 kilometer pukul 16:04:52 WIB, dengan jarak 136 kilometer Barat Daya Jember. Lokasi gempa bumi berada di titik lokasi : 9.39LS, 113.36BT atau berjarak 136 Kilometer Barat Dayat Jember, Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga

Melansir Tribun, BMKG menegaskan, informasi itu masih mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data masih belum juga stabil dan masih bisa berubah seiring dengan adanya kelengkapan data.

Kekuatan atau magnitudo gempa diukur dengan alat yang disebut dengan seismograf. Dilansir dari laman resmi Institut Teknologi Bandung (ITB) seismograf akan mencatat getaran yang ditimbulkan oleh pergerakan permukaan tanah dalam. Rekaman seismograf berbentuk garis yang menunjukkan variasi amplitudo gelombang yang ditimbulkan oleh gempa. Lebih lanjut, dalam menjabarkan kekuatan gempa dikenal beberapa skala yang kerap digunakan yaitu Skala Richter (SR), Modified Mercalli Intensity (MMI), dan Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG BMKG). (IC-BG/TRIBUN)


Editor :
Publisher :
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button