Kota Batu

Batu Street Food Masuk Karisma Event Nusantara 2023

AMEG – Sebanyak delapan festival di Jawa Timur telah ditetapkan masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 dan diumumkan oleh Menparekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno di Theatre Keong Mas TMII Jakarta, Sabtu (28/1/2023).

Kadisbudpar Jawa Timur, Hudiyono yang hadir mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku senang dan bangga bahwa delapan festival di Jatim masuk KEN 2023.

“Dari sembilan yang kami usulkan, yang lolos dan masuk KEN 2023 ada delapan. Ini festival dengan jumlah terbanyak,” kata Hudiyono dilansir dari akun instagram resmi Disparbud Jawa Timur.

Baca Juga

Adapun delapan festival itu adalah Jember Fashion Carnival, Festival Reyog Ponorogo, Festival Gandrung Sewu Banyuwangi, East Java Fashion Harmony, Festival Rujak Uleg Surabaya, Banyuwangi Ethno Carnival, Batu Street Food, dan Festival Musik Tradisional Rontek Pacitan.

Ia menjelaskan, Kharisma Event Nusantara merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Selain itu sebagai program pemberdayaan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

Pria yang akrab disapa Cak Hud itu menuturkan, selain delapan festival yang masuk KEN 2023 juga ada 242 even festival pariwisata dan budaya yang masuk Kalender Wisata Jawa Timur 2023. “Total ada 250 even festival. Delapan diantaranya masuk KEN 2023,” jelasnya.

Ia berharap, dengan banyaknya event festival di Jawa Timur mampu meningkatkan kunjungan wisata. Sesuai target dan harapan Gubernur Khofifah, tahun 2023 ini harus ada peningkatan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Jawa Timur.

“Semoga 250 even dalam Kalender Wisata Jawa Timur 2023 yang juga menjadi bagian dari program Dinas Pariwisata kabupaten dan kota bisa memberikan dampak pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya Jawa Timur,” pungkasnya. (*)

Ananto Wibowo

Recent Posts

Real Count Sirekap Dihentikan, Sudirman Said Menilai Pemilu 2024 Bermasalah

AMEG.ID, Indonesia - Co Kapten Timnas Pemenang Anies-Muhaimin Sudirman Said menyebut penghentian tayangan real count…

2 bulan ago

Aksi Massa Dukung Proses Hukum Soal Dugaan Korupsi Ganjar Pranowo

AMEG.ID, Indonesia - Massa yang merupakan aliansi masyarakat Jawa Tengah menggelar aksi di depan kantor…

2 bulan ago

Dindik Jatim Bekali Ratusan Guru untuk Hadapi Era Digital

AMEG.ID, Jawa Timur - Dinas Pendidikan Jawa Timur membekali ratusan guru untuk siap menghadapi tantangan…

2 bulan ago

Hujan Lebat Diprakirakan Membasahi Jawa Timur

AMEG.ID, Jawa Timur - BMKG Juanda memperkirakan cuaca hujan lebat disertai petir pada hari ini…

2 bulan ago

Kemenag Jatim Gandeng RMI Pantau Ribuan Pesantren Tak Berizin

AMEG.ID, Jawa Timur - Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Jatim  Mohammad As’adul…

2 bulan ago

Pemda Se-Jatim Serentak Serahkan LKPD Un-Audited 2023

AMEG.ID, Jawa Timur - Badan Pemeriksa Perwakilan Provinsi (BPK ) Jatim menerima 38 Laporan Keuangan…

2 bulan ago

This website uses cookies.