Notice: Undefined index: HTTP_REFERER in /var/www/html/ameg.id_wp/wp-content/themes/jannah/jannah.template#template on line 43
BisnisEkonomi

Raih The Big 10 Startup Alibaba Cloud, Mobilman di Urutan 4

AMEG – Marketplace mobil bekas Mobilman.id masuk final Alibaba Cloud Go Startup Program, Indonesia 2022, yang digelar Alibaba Cloud. Pada final kontes di Gedung Ariobimo Sentra, Jalan HR Rasunai Said, Jakarta Selatan, Kamis, 11 Agustus 2022, Mobilman.id masuk The Big 10.

Alibaba Cloud adalah anak perusahaan Alibaba Group, perusahaan raksasa e-commerce yang didirikan Jack Ma di China. Kantor pusat Alibaba Group di Hangzhou, China.

Alibaba punya anak perusahaan di Indonesia bernama Alibaba Cloud, yang bekerjasama dengan Kr Asia, menggelar acara Alibaba Cloud Go Startup Program, menjaring perusahaan startup terbaik Indonesia.

Baca Juga

Kontes itu diikuti 104 perusahaan startup kenamaan Indonesia. Diseleksi dalam kurun sebulan. Akhirnya, terpilih The Big 10. Para finalis ini bertarung dalam Indonesia Demo Day di Gedung Ariobimo Sentra, Jalan Rasuna Said, Jakarta.

Juri scoring acara itu adalah Eggy Tanuwijaya, Head of FSI Solutions. Bersama Darlin Valentine, Marketing Manager of Alibaba Cloud Indonesia.

Dewan juri adalah para pakar perusahaan startup. Antara lain, Eric Purwoko, Solutions Architect of Alibaba Cloud. Jordy Tenka, Senior Investment Associate of East Ventures. Jeffry Irmawan, Head of Acceleration Program of Indigo. Juvenco, Principal of Skystar Capital.

Sepuluh orang CEO dari The Big 10 menyampaikan presentasi perusahaan mereka. Dalam tempo lima menit. Menyangkut model bisnis, strategi bisnis, valuasi perusahaan, dan prospek masa depan. Dari 10 finalis hanya dipilih satu juara.

Pemenangnya Duckie Land, perusahaan startup game developer. Mendapatkan hadiah dari Alibaba Cloud USD 60.000 dalam bentuk voucher server Alibaba Cloud.

Mobilman.id tampil di urutan ke-4, mendapat hadiah dari Alibaba Cloud, voucher server Alibaba Cloud sebesar USD 3.000.

CEO PT Mobilman Digital Indonesia, Danang Wikanto, kepada pers, Jumat (12/8/22) mengatakan: “Mobilman sebagai perusahaan startup yang relatif baru berdiri setahun lalu, sudah bersyukur tampil di urutan ke empat di Indonesia Demo Day, Alibaba Cloud.”

Menurut Danang, Mobilman.id masuk pada bisnis dengan potensi pasar yang sangat besar. “Berdasar data Gaikindo, pada 2021 di Indonesia terjual 863.000 unit mobil baru. Itu pasar yang sangat besar,” katanya.

Volume penjualan mobil bekas, tidak ada datanya. Belum ada peneliti yang melakukan riset penjualan mobil bekas. Yang tersebar di ratusan ribu dealer mobil bekas di Indonesia.

Danang: “Tapi, pembeli mobil baru, mayoritas menjual dulu mobil lama mereka. Baru-lah membeli mobil baru. Sangat sedikit orang punya mobil pertama, langsung mobil baru. Jadi, volume jual mobil bekas kira-kira sama dengan data Gaikindo untuk penjualan mobil baru.”

Mobilman.id kini menyediakan 13.000 mobil bekas yang teriklan. Itu terdiri dari mobil bekas yang teriklan sejak tiga bulan lalu, sampai iklan terbaru hari ini. Karena, setelah lewat dari tiga bulan, mobil teriklan di Mobilman.id dianggap laku. Dan otomatis terhapus oleh sistem IT.

Apa harapan CEO Mobilman dengan tampil di Alibaba Cloud Go Startup Program?

Danang: “Alibaba, perusahaan raksasa dunia. Alibaba Cloud di Indonesia, melakukan strategi marketing yang handal. Mereka mendekati para CEO perusahaan startup, dengan cara person to person. Pendekatan cara ini yang disukai perusahaan startup seperti Mobilman. Karena perusahaan-perusahaan Amerika, dengan sombongnya, tidak melakukan itu di sini.” (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button