Notice: Undefined index: HTTP_REFERER in /var/www/html/ameg.id_wp/wp-content/themes/jannah/jannah.template#template on line 43
Kabupaten Malang

Salat Ied 9 Juli, Muhammadiyah Kelola Daging Kurban Senilai Rp 282,6 Juta

AMEG – Wakil Ketua LazisMu Kabupaten Malang, Kahar Masyhur mengungkapkan, kurban senilai Rp 282,6 dikelola untuk disalurkan, Sabtu (9/7/2022).

“Perolehan kurban tahun ini yang dihimpun LazisMu Kabupaten Malang sementara ini senilai Rp 282.650.000. Kami masih menghimpun hingga tiga hari ke depan,’ kata Kahar Masyhur, dikonfirmasi Sabtu (9/7) petang.

Menurutnya, perolehan kurban ini belum termasuk yang dihimpun melalui musala dan masjid di bawah pengurus cabang Muhammadiyah di semua kecamatan.

Baca Juga

Dikatakan Kahar, perolehan kurban ini dikelola secara konvensional, artinya hewan kurban disembelih dan dagingnya langsung dibagikan.

“Kurban berupa kambing senilai Rp 38,1 juta, dan sapi yang dibagikan secara konvensional senilai Rp 91,5 juta,” rincinya.

Selain itu, lanjut Kahar, daging kurban juga dikelola dalam kemasan kaleng dengan label RendangMu, yang berisi 200 gram atau 2 ons. Nilainya sejumlah Rp 155 juta.

Dijelaskan, untuk sementara sejumlah 10 persen dari daging kurban yang dipotong hari ini langsung dibagikan ke sejumlah panti asuhan.

Menurut Kahar, Muhammadiyah Kabupaten Malang memenuhi tuntunan syar’i dengan melakukan penyembelihan di masjid-masjid, dan membagikan daging kurban secara langsung ke para dhuafa.

Sementara, pemanfaatan daging kurban dengan dijadikan kemasan rendang, agar daging kurban tetap bisa dimanfaatkan kepada yang berhak menerima nantinya.

Seperti, diberikan kepada fakir miskin dan yatim/piatu penghuni panti asuhan secara rutin nantinya. Termasuk, bagi yang membutuhkan saat menjadi korban bencana alam.

“Sisi pemanfaatan daging kurban dalam kemasan ini juga untuk ketahanan pangan masyarakat miskin dan dhuafa. Daging kemasan ini bisa tahan sampai 2 tahun, karena melalui proses pembekuan (pabrik),” jelas Kahar.

Dalam penyembelihan sapi kurban, penyembelihan dilakukan melalui RPH moderen di tiga tempat. Yakni, di Blitar, Magetan dan Denpasar. Selama proses pemotongan, pihaknya juga mendapatkan pendampingan dari tim Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Warga dan jemaah Muhammadiyah di Malang Raya juga melakukan salat Ied secara serentak hari ini, 9 Juli 2022. Tercatat, salat Ied Adha dilangsungkan setidaknya lebih dari 102 tempat. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button