Notice: Undefined index: HTTP_REFERER in /var/www/html/ameg.id_wp/wp-content/themes/jannah/jannah.template#template on line 43
OlahragaSepakbola

STY Putar Otak Atur Strategi di Laga Tandang Piala AFF

AMEG – Timnas Indonesia akan dijamu Vietnam di laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion National My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam ini.

Berbekal skor 0-0 di leg pertama di Jakarta, malam ini Timnas Indonesia butuh hasil imbang dengan memasukkan gol untuk bisa lolos ke final Piala AFF 2022.

Laga kedua merupakan perjuangan berat bagi Timnas. Pelatih kepala Shin Tae-yong (STY) putar otak meracik strategi yang jitu untuk mengalahkan Vietnam yang diasuh Park Hang-seo.

Baca Juga

Sejak Timnas Indonesia ditukangi STY, belum pernah bisa mengalahkan Vietnam. Dalam rekor pertemuan kedua tim, dua kemenangan dari empat laga untuk Vietnam. Sedangkan dua laga lainnya, berakhir imbang.

Pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jumat (6/1/2023), Jordi Amat dan kawan-kawan hanya mampu bermain imbang, 0-0.

Pada leg pertama, STY menerapkan formasi 3-4-3. Tiga bek pertahanan, yakni Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, dan Rizky Ridho tampil solid menghalau serangan pemain Vietnam yang gesit.

Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan maju-mundur di sisi sayap untuk membantu aliran bola kembali ke jantung Vietnam. Begitu pula Rahmat Irianto dan Marc Klok mampu menjaga keseimbangan lini tengah dengan baik.

Formasi pilihan STY ternyata mampu meredam permainan cepat lini depan Vietnam. Mereka kesulitan menciptakan ruang gerak di lini pertahanan Indonesia.

Pemain Vietnam hanya bisa menembakkan empat tendangan dan satu yang mengarah ke gawang Timnas Indonesia yang dijaga Nadeo Argawinata.

Pola yang diterapkan STY membikin Timnas Indonesia bermain lebih cair dan mampu menciptakan cukup banyak peluang. Dalam catatan ameg.id, ada delapan tendangan membikin repot lini belakang tim Vietnam. Sayangnya finishing masih menjadi masalah sehingga tidak mampu membobol gawang lawan.

Melihat solidnya formasi yang diterapkan di laga pertama, bisa jadi pada leg kedua malam ini, STY kembali menggunakan formasi yang serupa. Atau mengingat leg kedua merupakan partai tandang, bisa pula STY memakai formasi 4-3-3. Memperkuat pertahanan dengan mengandalkan serangan balik. Timas Indonesia hanya butuh 1 gol kemenangan atau 1 gol seri untuk melenggang ke final Piala AFF 2022.

“Kami datang untuk meraih kemenangan. Kami telah melakukan persiapan dan kami akan memberikan yang terbaik pada pertandingan nanti,” tegas Shin Tae Yong.

Striker Timnas, Dendy Sulistyawan mengaku siap menjalani laga kedua di depan suporter Vietnam.

“Kami termotivasi dan akan bekerja keras untuk menang. Meski tidak mudah, kami yakin pasti bisa. Jadi kami harus bisa lebih baik dari leg pertama,” kata pemain Bhayangkara FC itu. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button