LifestyleWisata

Zamrud Batu Mulia yang Tetap Kemilau

AMEG – Batu zamrud (emerald) tergolong jenis batuan mulia yang digunakan manusia dari zaman dahulu. Di kutip dari Sumber: ancientpages.com

Mengenai eksistenis batu zamrud di dunia Mesir kuno memang tak banyak sumber sejarahnya. Namun, penggalian arkeologis di gurun Mesir bagian timur memberikan bukti tentang tambang zamrud di masa pendudukan Romawi di Mesir, tepatnya di wilayah Wadi Sikait.

Selama lebih dari 5000 tahun, zamrud telah menjadi salah satu batu batu mulia yang paling diminati dan berharga. Banyak peradaban kuno di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan sudah menemukan zamrud dan menilai tinggi dari batu ini

Para arkeolog asing yang bekerja di Mesir merinci tiga bangunan yang mereka temukan di wilayah Mons Smaragdus, Mesir. Wilayah ini terkenal dengan tambang zamrud era Romawi-Mesir karena pernah dicatat oleh orang Romawi yaitu Pliny the Elder dan Claudius Ptolemy.

Kuil besar adalah salah satu bangunan paling terawat yang berdiri di Sikait yang berisi artefak religius seperti tulang, bagian tubuh terakota dan jimat. Kemungkinan besar kuil tersebut digunakan antara abad ke-4 dan ke-5 Masehi. Pada kuil bagian dalam terdapat jejak hieroglif yang berisi sejarah dan fungsi kuil tersebut.

Penelitian struktur bawah tanah di daerah ini menunjukkan bahwa pernah ada aktivitas penambangan batu zamrud dan beberapa ruang penambangan. Analisis terperinci menunjukkan bukti relevan mengenai struktur, tipologi dan evolusinya, termasuk penemuan prasasti pertama yang pernah ditemukan di tambang zamrud kuno ini.

Penemuan ini menambah pengetahuan tentang produksi zamrud pada masa Romawi-Mesir. Adanya bekas bangunan kuil di area pertambangan itu menegaskan pentingnya aspek religius di permukiman pertambangan. Hal ini pula menunjukkan pentingnya pemukiman dalam jaringan penambangan zamrud di Mesir kuno.

Pertambangan zamrud ini menghubungkan Wadi Sikait dengan daerah produktif lainnya di gurun Mesir bagian timur yang memberikan banyak bukti tentang pentingnya kultus dan agama pada suatu area tambang milik kekaisaran Romawi.


Editor :
Publisher :
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

City Guide 911 FM