Wisata

Bakal Uji Coba Pembukaan Tiga Destinasi Kota Batu

AMEG – Pemerintah pusat memastikan bakal uji coba pembukaan 20 tempat wisata di kota yang menerapkan PPKM Level 3 di Pulau Jawa, tiga di antaranya ada di Kota Batu.

Uji coba pembukaan objek wisata dibarengi penerapan protokol kesehatan (Prokes) ketat dan mengimplementasikan platform aplikasi Peduli Lindungi.

Tiga tempat wisata itu adalah Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, dan Batu Night Spectacular (BNS). Di Jawa Timur ada empat tempat wisata yang uji coba, salah satunya Wisata Bahari Lamongan.

Pemkot Batu sendiri telah mengeluarkan Seurat Edaran (SE) Wali Kota Batu Nomor: 440/11/SE/422/104/2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 Covid-19 di Kota Batu.

Wali Kota Dewanti Rumpoko menjelaskan, tempat wisata yang akan uji coba pembukaan wajib mengikuti protokol kesehatan yang telah diatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan.

“Selain wajib menerapkan aplikasi PeduliLindungi, sebagai screening terhadap semua pengunjung dan pegawai,” jelas Dewanti, usai rapat koordinasi PPKM Jawa-Bali, Selasa, (7/9/21) malam.

SE itu juga mengatur batasan usia maksimal pengunjung. Anak berusia di bawah 12 tahun belum diizinkan masuk.

“Tempat wisata yang uji coba pembukaan ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” jelas Dewanti. Meski begitu, sebelumnya pihaknya melalui Dinas Pariwisata telah memfasilitasi usulan para pelaku wisata agar bisa beraktivitas.

Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi, menyampaikan, pihaknya siap buka kembali dan kini menunggu hasil visitasi atau pengarahan dari pemerintah pusat. Pihaknya berharap uji coba bisa dilakukan minggu ini.

“Kami telah mengajukan QR Code ke Dinas Pariwisata Kota Batu,” jelasnya. Dia juga menjelaskan, tempat wisata yang diizinkan melakukan uji coba pembukaan telah mengantongi sertifikat CHSE dan vaksinasi seluruh karyawan. (*)


Editor : Achmad Rizal
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM