OlahragaSepakbola

Batal Tukangi Arema FC

AMEG – Manajemen Arema FC dipaksa harus kembali mencari alternatif calon pelatih. Dalam sisa dua bulan jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2021, pada 3 Juli 2021 mendatang. Kandidat terkuat  arsitek tim Singo Edan asal Argentina, Angel Alfredo Vera, batal bergabung karena terganjal salah satu item klausul kontrak.

Sumber informal tim Singo Edan memastikan, pelatih kelahiran Buenos Aires, 18 Agustus 1972 itu, tak sepakat dengan salah satu poin klausul kontrak, yang disodori manajemen tim. Yakni dalam klausul, jika minimal pada tiga pertandingan kandang secara beruntun tak kunjung menang, tanpa harus menunggu evaluasi, pelatih harus mundur atau dilengserkan.

Pelatih yang sukses memberikan gelar juara Indonesia Soccer Championship A 2016 (ISC A) bagi Persipura Jayapura tersebut, akhirnya enggan merapat ke Malang. Dia memilih memperpanjang kontrak semusim ke depan bersama Liga 2, Persiba Balikpapan.

Meski di klub tersebut, dia dibebani target membawa Persiba promosi ke Liga 1 2022. Seperti yang sukses dia lakukan, ketika membawa Persebaya Surabaya  juarai Liga 2 2017 dan promosi ke Liga 1 2018 silam.

Ditanya soal batalnya Alfredo Vera ke Arema, pelatih caretaker Arema, Kuncoro, enggan memberikan banyak komentar. Hanya menyebut bukan kewenangannya.

Memang selama ini, manajemen tim Arema hanya memberikan clue. Bakal mendatangkan pelatih kepala asing baru, namun tak menyebut nama dan asal negaranya. 

‘’Wah saya tidak tahu, masalah itu. Itu kewenangan manajemen,’’ ujar Kuncoro, kemarin.

Begitu juga dengan manajemen Arema FC, dalam hal ini General Manager PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (AABBI), Ruddy Widodo. Pria asal Madiun tersebut,  juga tidak bisa memberikan komentar. Apalagi selama ini mereka tidak menyebutkan nama Angel Alfredo Vera. Kecuali clue sosok pelatih asing baru saja.

‘’Memang beberapa waktu lalu kami sampaikan, direksi Arema di Jakarta lebih menghendaki Arema dilatih pelatih asing. Dari beberapa alternatif nama-nama pelatih asing yang diincar. Pada akhirnya proses menentukan, siapa calon pelatih asing mengerucut ke satu nama. Termasuk ada satu klausul khusus. Paitu pelatih harus out jika dalam tiga laga kandang secara beruntun gagal meraih kemenangan,’’ tandas Ruddy Widodo.

Namun pada prosesnya, Alfredo Vera dan Arema, sama-sama memiliki klausul dalam kontrak kerjasama mereka. Hingga tidak mencapai kesepakatan.

Alfredo Vera punya syarat untuk dipenuhi manajemen Arema, sebelum ia membubuhkan tanda tangan kontrak. Tanpa menyebut apa saja poin-poinnya. Sementara Arema, juga mengajukan syarat. Salah satunya ada klausul khusus, yaitu pelatih harus out jika dalam tiga laga kandang beruntun gagal meraih kemenangan.

Angel Alfredo Vera akhirnya resmi memperpanjang kerja sama dengan Persiba Balikpapan, Jumat (23/4/2021) kemarin pagi. Dia tak sendirian di tim berjuluk Beruang Madu tersebut. Juga didampingi kompatriotnya sekaligus asistennya, Esteban Horacio Busto.

‘’Dari dulu juga Alfredo Vera terikat dengan Persiba Balikpapan. Liga 2 2020 dia bersama Persiba. Tapi terhenti lama dan dibatalkan karena ada pandemi Covid-19. Memang secara profesional, dia pernah saya beri izin bila ada klub Liga 1 yang menginginkan bergabung. Saya tidak tahu kenapa batal ke klub itu. Tapi intinya untuk Liga 2 2021, Alfredo Vera kembali bersama Persiba Balikpapan,’’ timpal CEO Persiba, H Gede Widiade. (Ra Indrata)


Editor :
Publisher :
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM