EntertainmentKota MalangLifestyleMalang Raya

Digelar Secara Hybrid, MFC 2021 Tetap Meriah

Salah satu peserta MFC 2021 yang menampilkan busana khas burung garuda.

AMEG- Puluhan bunga mewarnai gelaran Malang Flower Carnival (MFC) 2021 di Stadion Gajayana Malang, Minggu (31/10/21).

Gelaran ini mengusung tema “Great Garudheya”, menggambarkan Garuda Perkasa terinspirasi dari Arca Garudhey yang ada di relief Candi Kidal Malang.

Event ini sekaligus sebagai nilai kearifan lokal dan lambang negara Garuda Pancasila, serta untuk merayakan satu dasawarsa (10 tahun) gelaran MFC.

Chairman Malang Flower Carnival (MFC), Agus Sunandar mengatakan, event bunga terbesar di Indonesia ini yang ke 11 kali digelar di Kota Malang. Garudheya merupakan trilogi ke 3 kalinya di Kota Malang sejak tahun 2019 lalu.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, acara digelar di Ijen. MFC kali ini digelar secara hybrid (virtual dan offline) lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Masyarakat bisa menyaksikan di kanal YouTube channel Malang Flower Carnival. “Kami beharap ini bisa mengawali event kreatif di Kota Malang dan mengembangkan pariwisata di Kota Malang,” katanya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, event ini menjadi salah satu bentuk kebangkitan event pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Dalam gelaran event terbagi tiga kategori. Yakni anak-anak, dewasa dan kostum karakter yang diikuti 70 peserta dari berbagai daerah di tanah air.

“Sekarang ini harus mulai bangkit dan bersama-sama kita mampu melaksanakan walaupun secara hybrid,” ungkapnya.

Malang Flower Carnival 2021 naik level dari sebelumnya masuk dalam 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia, kini masuk dalam 10 besar Kharisma Event Nusantara (KEN) kategori event berskala internasional.

Apresiasi atas digelarnya MFC 2021 juga disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara virtual. Melalui pagelaran ini, mampu menampilkan karya kreatif dari pelaku kreatif khususnya dari Kota Malang.

Diharapkan, hal tersebut mampu semakin meningkatkan dan memperkuat branding pariwisata, dan pelaku seni kreatif berskala Internasional lebih meluas.

“Kami apresiasi dengan kembali terselenggaranya Malang Flower Carnival ke 11 kalinya. Ini bentuk menampilkan kreatifitas para pelaku kreatif di Kota Malang,” terang dia.

Diusungnya tema ‘Great Garudheya’ ini, Sandiaga Uno berharap, event ini mampu memberikan kontribusi di sektor pariwisata tanah air dengan basis budaya lokal yang juga semakin dikenal lebih meluas.

“Mengusung value tema tersebut, event ini diharapkan memberikan kontribusi besar di sektor pariwisata, yang berbasis pada budaya lokal. Kami sangat mendukung bentuk sinergi jangka panjang ini, khususnya seni kreatif Kota Malang untuk terus melenggang ke kancah Intenasional, memperkuat branding wonderful Indonesia,” pungkas dia. (*)


Editor : Irawan
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM