Kesehatan

Ini Tonik Alami, Cocok Dikonsumsi Saat Pandemi

AMEG – Kurma adalah salah satu makanan terbaik untuk mendapatkan energi saat bepergian. Buah bergizi ini dikenal karena kandungan zat besinya yang tinggi. Juga vitamin dan mineral penting lainnya. 

Sari kurma adalah bentuk lain yang populer dari mengonsumsi kurma. Selain dari versi yang populer dikonsumsi yaitu kurma segar dan kurma kering. 

Sari kurma adalah tonik kesehatan alami untuk anak-anak dan orang dewasa. Cocok dikonsumsi saat pandemi covid-19 seperti saat ini. Berikut ini penjelasannya:

1. Menurunkan dan menjaga kadar gula darah.Makanan manis biasanya menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Namun, sari kurma justru diketahui bisa merangsang produksi hormon insulin oleh pankreas. Sehingga bisa menurunkan kadar gula dalam darah. 

Manfaat sari kurma ini, diduga berasal dari aktivitas antioksidan yang dikandungnya. Selain itu, rasa sari kurma yang manis juga bisa membantu menghilangkan keinginan mengonsumsi makanan manis yang tidak sehat pada penderita diabetes.

Hal ini akan membantu mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi diabetes, misalnya penyakit neuropati diabetik.

2. Mengurangi tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi tekanan darah adalah menjalani pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium. 

Kalium merupakan mineral tertinggi yang terkandung dalam sari kurma. Oleh karena itu, sari kurma dinilai cocok untuk dikonsumsi penderita hipertensi. 

3. Melancarkan pencernaan.Salah satu manfaat sari kurma yang penting bagi tubuh adalah mampu menjaga fungsi pencernaan. 

Penelitian pada hewan menunjukkan sari kurma bisa melancarkan pergerakan tinja di dalam usus, sehingga buang air besar menjadi lancar dan teratur. 

Manfaat ini diduga ada berkat mineral dan gula di dalam sari kurma. Selain itu, sari kurma juga mengandung antioksidan yang kuat sehingga bisa melindungi usus dari penyakit yang disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas. 

4. Menaikkan trombosit dan hemoglobin.Sari kurma diyakini mampu menaikkan kadar trombosit berkat banyaknya kandungan glukosa, vitamin C dan antioksidan alami di dalamnya.

Oleh karena itu, sari kurma sangat baik untuk dikonsumsi. Terutama bagi penderita demam berdarah dengue (DBD). 

Beberapa penelitian juga menunjukkan kandungan mineral dalam sari kurma berperan penting untuk pembentukan hemoglobin dan produksi sel darah merah. 

Maka dari itu, sari kurma juga baik dimanfaatkan untuk anemia defisiensi zat besi pada anak-anak.(*)


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Rizal Prayugo
Sumber : JPNN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

City Guide 911 FM