Kesehatan

Jalan Kaki hingga Senam Pernafasan Bisa Bikin Panjang Umur

AMEG – Salah satu olahraga yang murah, sederhana dan praktis adalah jalan kaki. Anda bisa melakukannya tanpa harus bergantung pada peralatan apa pun, kecuali sepatu yang tepat.  

Walau sekilas terlihat ringan, olahraga jalan kaki nyatanya baik untuk kesehatan jantung hingga tulang. Bahkan, jalan kaki bisa memperpanjang umur Anda! 

Hal ini pun terbukti oleh beberapa hasil penelitian. Periset dari American Cancer Society menemukan.

Olahraga jalan kaki terkait dengan penurunan risiko penyakit kronis, terutama pada orang tua. Mereka mendapatkan bahwa rutin berjalan kaki bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2.

Bahkan kanker payudara hingga kanker usus besar. Selain itu, berjalan kaki disebut dapat memperbaiki masalah insulin, kolesterol, hingga menyeimbangkan tingkat tekanan darah. 

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine pada 2017. Menemukan hubungan yang kuat antara berjalan kaki dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit pernapasan. 

Artinya, semakin sering Anda berjalan, maka akan semakin banyak manfaatnya. Peneliti pun menyebutkan, orang yang berjalan kaki, sekalipun tidak terlalu banyak, masih lebih baik dan memiliki manfaat penurunan risiko penyakit dibanding yang tidak melakukan olahraga ini.

Tamara Bleszynky berusia 46 tahun, memilih olahraga lebih ekstrem seperti panahan, berenang, berkuda dan beladiri. (instagram)

Selain mencegah penyakit, rutin berjalan kaki juga dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik dan peningkatan fungsi kognitif. 

Berjalan kaki pun sangat direkomendasikan bagi Anda yang baru ingin memulai olahraga dan pola hidup sehat. Pasalnya, berjalan kaki adalah jenis latihan yang sangat mudah dan tidak membutuhkan alat bantu khusus, apalagi biaya berlebih untuk melakukannya. Anda dapat berjalan kaki kapanpun dan di manapun. 

Olahraga berikut ini juga dapat memperpanjang umur Anda: 

1. Berenang.

Menurut penelitian, dilakukan secara teratur dapat menurunkan angka kematian sebanyak 28 persen. Orang yang rutin berenang juga memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih rendah (41 persen) dibandingkan dengan orang yang tidak berenang. 

2. Bersepeda.

Dilakukan santai mengelilingi lingkungan sekitar akan terasa menyenangkan. Tidak memerlukan waktu yang lama, cukup dengan bersepeda selama minimal 30 menit Anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. 

3. Senam Jantung Sehat.

Sesuai namanya, olahraga ini memiliki berbagai gerakan yang akan meningkatkan performa jantung Anda. Sehingga memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan, pendinginan dan mengecek nadi sebelum dan sesudah senam. 

4. Joging.

Tidak perlu berlari kencang dan lama, joging pun bisa meningkatkan kualitas hidup Anda. 

Hal ini telah dibuktikan dalam salah satu penelitian di British Journal of Sports Medicine. Bahwa lari santai yang dilakukan sekali dalam seminggu, bisa menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung, kanker dan lainnya.

5. Senam Pernafasan.

Aktifitas olahraga berbasis olah nafas seperti yoga, taichi dan Merpati Putih. Merupakan aktivitas yang tidak hanya baik untuk fisik. Tetapi juga kesehatan mental dan spiritual Anda. 

Gerakan-gerakannya dapat menstimulasi aliran darah ke seluruh organ tubuh. Baik organ dalam maupun luar. Sekaligus meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.  

Sudah tahu ‘kan, olahraga apa saja yang bisa meningkatkan kualitas hidup Anda? Pilih saja diantara olahraga tersebut. Mana yang Anda minati. Agar hidup lebih berkualitas. Panjang umur adalah bonus yang akan Anda dapatkan dari pola hidup sehat. (Jpnn-Januar Triwahyudi)


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Ameg.id
Sumber : JPNN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM