Opini

Kereta Gantung

Catatan kecil Eddy Rumpoko

Membangun sebuah peradaban global, merupakan keinginan sejak lama yang bisa dilakukan anak petani agar mampu berkompetisi cepat menggapai dunia. 

Alam yang indah beraroma wangi pohon pinus, bunga yang mewarnai kehidupan bisa dinikmati oleh semuanya.

Optimistis tanpa keraguan, bisa lihat langsung produk cable car yang paling lama di dunia. Saat ini generasi ke 5 owner Dooplmyer. Pusatnya di negara Austria. 

Saat itu, musim dingin ttahun 2015. Rombongan KWB  (Kota Wisata Batu) berkunjung ke pabrik yang sangat modern.

Di sana kami  diterima langsung oleh owner, didampingi  para manager perusahaan. Lengkap dan ramah. Area pabrik seluas hampir 100 hektar, di sebuah pegunungan.

Kami rombongan KWB diajak keliling pabrik melihat teknologi yang modern, meskipun saat itu hari Sabtu.  Bahwa di Eropa, Sabtu adalah hari libur. Suatu keistimewaan yang luar biasa, rombongan KWB  dijelaskan oleh pemiliknya langsung, pemilik generasi ke 5 Dooplmyer. Kehormatan luar biasa dengan hidangan makan minum istimewa, seakan rombongan investor dari negara maju. Padahal kami rombongan dari kota kecil, Batu. 

Kami merasa terhormat, hampir 2 jam dan di dalam ruangan khusus dijelaskan detail tentang cable car.  Rombongan KWB sekitar 15 orang merasa puas melihat pabrik kereta gantung terbesar di dunia itu. Produk cable car ini ada di negara-negara dunia, seperti Swiss, Inggris, Singapura, Vietnam, dll.

 Ah, betapa luar biasanya KWB punya cable car yang  sama dengan negara besar di dunia. Alat transportasi ini akan menambah meningkatnya ekonomi lokal dan nasional karena sarana bandara international/ lokal, hotel, resto, budaya terangkum dlm pesona alam. 

Aktifitas warga  masyarakat akan bergejolak dengan cepat diberbagai sektor. Pertanian akan menjadi idola yang memberikan keuntungan para petani.

 Management digital akan terbentuk secara cepat disektor usaha, sosial, budaya dan pendidikan. Keaneka-ragaman agama dan budaya bisa dipertontonkan ke wisatawan mancanegara, bahwa kota kecil Batu bisa dinikmati dunia. Ada Swiss kecil di Pulau Jawa, benar terwujud. 

Saya yakin warga KWB mampu menjadi tuan rumah yang baik dengan kemampuan budaya; guyub, rukun, gotong royong merupakan modal utama untuk go Internasional! 

Management cable car KWB dengan kepemilikan saham rakyat,  investasi cable car ini pola new investasi.

Mempersiapkan generasi milineal yang hampir sekitar 40 ribu lebih anak berjenjang belajar di Kota Wisata Batu, bisa melihat wujud teknologi dunia dan akan menjadi magnit “generasi emas”. 

Saya percaya akan muncul generasi muda KWB yang menguasai teknologi modern dunia. Cita-cita bisa terwujud dalam satu misi bersama untuk kemakmuran masyarakat. Jangan pernah ragu untuk menggapai lebih besar.

Warisan yang terbaik adalah sebuah langkah besar dengan senyuman! Bukan dengan permusuhan belaka. Bergandeng tangan adalah simbol seduluran dan perdamaian!

Semarang, 1 Mei 2021.
Sahabat ER


Editor :
Publisher :
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM