Kota MalangMalang RayaRegional

Kurangi Sampah, DLH Dapat Hadiah Miliaran

AMEG – Perangkat daerah yang konsentrasi pada kebersihan hingga keindahan Kota Malang,  yakni Dinas Lingkungan Hidup (DLH), kembali menorehkan prestasi. Dengan mendapatkan penghargaan melalui Dana Insentif Daerah (DID) 2021. Setelah DLH dinilai mampu mengurai dan mengelola sampah dengan maksimal.

Kepala DLH Kota Malang, Wahyu Setianto mengatakan, saat ini pihaknya mampu mengelola dan mengurangi sampah hingga 22 persen. Atau antara 500 – 700 ton perhari. Upaya yang dilakukan, pengelolaan sampah sejak dari tempat pembuangan sementara (TPS) dan dijadikan sebagai kompos.

‘’Saya tidak mengetahui dananya dapat berapa. Kayaknya miliaran dan langsung masuk kas daerah. Kita dapat itu Febuari 2021,’’ ujarnya.

Dengan mendapatkan penghargaan itu, DLH Kota Malang kini memiliki alat pengelolaan sampah di 4 – 5 titik TPS.

‘’Mengurai sampah itu, kita juga mensiasati sampah menjadi kompos. Kemudian pencacahan sampah plastik. Ada beberapa TPS yang memiliki alat itu. Seperti di Madyopuro, Gadang, Oro Oro dowo dan Velodrome,’’ jelasnya.

Pengelolaan sampah yang lebih maksimal itu, juga berdampak positif bagi lingkungan masyarakat. Terutama pada sektor perekonomian. Karena pengelolaan sampah menjadi kompos di TPS, dikelola langsung masyarakat sekitar.

‘’Hasil pengelolaan tersebut mereka gunakan untuk kebutuhan ekonomi mereka. Kami hanya memfasilitasi mereka. Mereka juga ada paguyubannya,’’ sebut Wahyu. (avi)


Editor :
Publisher :
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

City Guide 911 FM