PendidikanTak Berkategori

Mahasiswa UM Terapkan Aplikasi Powtoon Untuk Media Belajar Murid SD/MI

AMEG – Pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan titik terang kapan bisa tertuntaskan. Kasusnya terus-menerus naik dan turun. Pemerintah RI melalui Kementerian Kesehatan telah menetapkan protokol kesehatan. Untuk menanggulangi penyebarluasan virus. Kini pemerintah menggeber vaksinasi.

Dalam bidang pendidikan, Pemerintah RI menerapkan sistem belajar dari rumah, untuk menekan pertambahan kasus baru covid. Dikenal dengan pembelajaran daring. Merupakan singkatan dari pembelajaran dalam jaringan. Disebut demikian, karena pembelajaran daring menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang terhubung dengan internet dalam praktik pembelajarannya.

Dalam rangka memajukan sistem pembelajaran daring di era pandemi, guru dituntut kreatif dan inovatif. Menyediakan sumber dan media belajar, agar pembelajaran tetap berlangsung efektif. Sebagaimana pembelajaran normal di dalam kelas.

Untuk itu, guru hendaknya dalam menyediakan sumber dan media pembelajaran disesuaikan karakteristik siswa. Materi pembelajaran disinkronkan dengan teknologi informasi dan komunikasi.

Salah satu program yang bisa digunakan membuat sumber dan media pembelajaran adalah Powtoon. Sebuah aplikasi online berbasis web untuk membuat media presentasi dan video animasi. Dalam bidang pendidikan, Powtoon dapat dikreasikan oleh guru untuk membuat media pembelajaran.

Pelatihan Media Pembelajaran Powtoon bagi Guru SD/MI menjadi salah satu program kerja Tim KKN Universitas Negeri Malang tahun 2021 di Desa Sidomulyo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri.

Terdapat dua sekolah dasar dan satu madrasah ibtidaiyah di Desa Sidomulyo. Yaitu, SDN Sidomulyo 1, SDN Sidomulyo 2 dan MI Darul Falah. Dalam rangka menjalankan protokol kesehatan, setiap sekolah mengirimkan perwakilan tiga orang guru untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Pematerinya, mahasiswa Tim KKN yang juga selaku penanggung jawab program kerja, yaitu Vani Dartina dan Virgin Prima. Didukung Dosen Pembimbing Lapangan, Mochammad Sa’id S.Psi MSi. (*)


Editor : Yanuar Triwahyudi
Publisher : Rizal Prayugo
Sumber : =

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM