OlahragaSepakbola

Piala Walikota Solo Siapkan Hadiah Rp 1,1 Miliar

AMEG – Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Jumat (11/6/2021) menggelar sesi press conference secara virtual. Untuk persiapan turnamen pramusim Piala Walikota Solo 2021. Digelar di Balai Kota Surakarta, Jl Jenderal Sudirman 2, Solo, putra sulung Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo tersebut, memastikan delapan tim akan hadir di Stadion Manahan, Solo.

‘’Format seperti pedoman di Piala Menpora 2021. Diterapkan untuk persyaratan penunjang protokol kesehatan Covid-19 yang harus dipenuhi. Piala Walikota Solo 2021 ini, menjawab animo tinggi klub-klub menjelang kompetisi digelar. Kami ingin ikut meramaikan suasana. Biar pemain sedikit melakukan pemanasan. Terutama klub yang memborong pemain baru,’’ ujar Gibran Rakabuming Raka.

‘’Saya pribadi senang persepakbolaan Indonesia, dipegang anak-anak muda. Semoga bisa memberikan semangat dan aura sepak bola Indonesia, ke depannya lebih profesional lagi,’’ tegasnya. 

Baca Juga

Even ini menggunakan format pertandingan knock out atau sistem gugur, sepanjang 20-26 Juni 2021 mendatang. Menariknya dua tim papan atas Liga 1, pada Minggu (20/6/2021), Arema FC dan Persib Bandung, sudah harus saling bunuh di fase awal. Pada pukul 18.00 WIB pada sesi laga atas-2.

Sementara tuan rumah Persis Solo, pada tanggal yang sama di opening ceremony (15.15 WIB) pada sesi laga atas-1, bertemu PSG Pati, sesama tim Liga 2. Hari kedua, Senin (21/6/2021) pada sesi laga bawah-1 (15.15 WIB) dua tim Liga 2, Dewa United melawan RANS Cilegon FC. Dua tim Liga 1 lainnya, Bhayangkara FC versus Bali United pada sesi laga bawah-2.

Dikatakan juga oleh Gibran Rakabuming, even tersebut nantinya bakal  akan menjadi turnamen yang rutin. Tetap mengundang secara bergiliran tim-tim dari Liga 1 dan Liga 2. Alasannya, tim-tim Liga 2 pada musim 2021/2022 dan beriktunya, sudah tidak bisa dipandang sebelah mata oleh tim-tim Liga 1.

‘’Sistemnya langsung knock out atau langsung sistem gugur. Di pertandingan pembuka Persis Solo Vs PSG Pati. lalu Persib Vs Arema. keesokan harinya Rans Vs Dewa, lanjut malam harinya Bhayangkara Vs Bali United,’’ tambah OC Piala Wali Kota Solo, Cahyadi Wanda.

Karena sistem knock out, turnamen ini hanya akan berlangsung singkat. Siapapun pemenang di laga pertama, akan langsung melaju ke babak semifinal. Semua babak Piala Wali Kota Solo 2021, berlangsung single match.

Pertandingan hari terakhir, tak cuma menggelar laga final saja. Ada juga laga antar tim yang kalah di semifinal untuk memperebutkan posisi ketiga. Hadiah juga sudah disiapkan panitia, untuk tim tim peringkat ketiga dan keempat ini. Di luar itu, peserta lainnya yang gagal melaju dari babak gugur hanya akan mendapatkan match fee saja.

‘’Hadiah juara 1 Rp 500 juta, runner-up Rp 300 juta, peringkat ketiga Rp 200 juta, peringkat keempat Rp 100 juta. Match fee untuk klub yang menang Rp 75 juta dan Rp 40 juta untuk yang kalah,’’ ujar Cahyadi Wanda.

Sementara Arema sendiri, juga mengaku sudah siap untuk turun di turnamen tersebut. Sekali pun hingga kemarin, skuat Singo Edan ini belum memiliki satu pun pemain asing.

‘’Secara umum, Arema sudah mempersiapkan diri tampil di Piala Wali Kota Solo 2021. Nanti kami akan memberikan warna baru, dalam sebuah pertandingan yang seru. Sepak bola menjadi passion saya. Karena besar di Malang.’’

‘’Sejak lama saya ingin membantu Arema. Termasuk penyediaan bus tim dan sekarang masuk di manajemen klub. Sudah saatnya saya memberikan sumbangsih untuk Arema. Yang jelas tanpa pemain asing nanti di turnamen, kami akan tetap berikan bonus di setiap pertandingan,’’ timpal Presiden Klub Arema FC, Gilang Widya Pramana. (*)

Editor:Yanuar Triwahyudi
Publisher:Rizal Prayoga
Sumber:-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM