Regional

Anggaran Dukungan Ponpes Nihil, RPJMD 2021-2026 Dinilai Tak Konsisten

AMEG- Draft Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 dinilai tak konsisten dengan visi misi Bupati Karna Suswandi dan wakilnya Khoirani. Tak ada perhatian sama sekali untuk penganggaran pondok pesantren.

Hal itu diungkap juru bicara Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB), H Muhammad Badri, dalam Rapat Paripurna DPRD tentang Pembahasan RPJMD 2021-2026, Sabtu (24/04/2021).

Pandangan umum FKB, Tim Penyusun RPJMD tak konsisten menerjemahkan visi misi pasangan Karna Suswandi – Khoirani saat memenangkan Pilkada 2020 lalu.

Dikatakan Badri, seharusnya isu strategis yang harus didorong dari misi adalah meningkatkan sarana prasarana tempat ibadah dan pondok pesantren (ponpes) di Bumi Shalawat Nariyah ini.

“Pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan yang telah diakui memiliki kontribusi jelas dalam mencerdaskan, memperbaiki moral dan mensholehkan kehidupan masyarakat. Sehingga Pesantren ini sangat layak untuk disupport dan didorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab),” ungkapnya, Minggu (25/04/2021).

Lebih lanjut, katanya, dalam visi misi itu harus didukung pendanaan yang cukup oleh Pemkab. Sehingga pondok pesantren bisa berjalan dan berfungsi dengan baik dalam membantu pembangunan daerah.

“Naifnya dalam RPJMD 2021-2026 yg telah dilakukan pembahasan awal ini, tidak ada sama sekali support tersebut. Baik itu dalam tujuan, sasaran dan Program Pembangunan Daerah. Serta Dalam Kerangka Pendanaan Perangkat Daerah. Karenanya, PKB mendorong Pemkab dapat memberikan anggaran untuk Pondok Pesantren yang ada di bumi shalawat ini,” jelasnya.

Sementara itu, Jaenur Ridho, Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Partai Gerindra, mengelak jika rancangan awal RPJMD 2021-2026 yang disampaikan Pemkab Situbondo ke DPRD dibilang tidak sesuai visi misi Bupati, atau tidak konsisten.

“Itu sudah sesuai dengan visi misi Bupati. Sebab RPJMD yang dibuat sudah melalui proses yang benar dan bisa dipertanggung jawabkan,” kata pria yang akrab disapa Jaenur ini, dihubungi via ponselnya, Minggu (25/04/2021).

Dijelaskan, rancangan awal RPJMD sudah melalui pembahasan dan evaluasi dengan seluruh eksekutif. Semua yang ada pada visi misi Bupati, sudah dianggarkan. Termasuk, anggaram pondok pesantren. Sebab Bupati Karna Suswandi pilihan rakyat, sangat konsisten.

“Semuanya akan terwujud dalam waktu yang sesingkat singkatnya, dan yang kita tahu Bupati adalah orang yang konsisten dan sportif,” pungkas Jaenur. (ir)


Editor :
Publisher :
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM