Notice: Undefined index: HTTP_REFERER in /var/www/html/ameg.id_wp/wp-content/themes/jannah/jannah.template#template on line 43
EntertainmentLifestyle

Gaji Tidak Sebanding Popularitas

Xiao Han

MUNGKIN ini bentuk nyata dari ungkapan ’’kerja serius tapi gaji bercanda’’. Dengan popularitas yang sangat tinggi, fans tentu mengira bahwa aktor Tiongkok Xiao Zhan dibayar mahal. Fanbase dia kuat, dan setiap proyek yang digarapnya sukses besar secara komersial. 

Namun faktanya tidak begitu. Bayaran yang ia terima sangat tidak sebanding dengan tingkat popularitasnya. ’’Xiao Zhan adalah salah seorang bintang yang mendapat potongan sangat tinggi dari agensinya,’’ ungkap sebuah sumber, sebagaimana dilansir Baidu. Wah, wah, wah… 

Sumber tersebut mencontohkan, Zhan tampil dalam serial laris berjudul The Untamed pada 2019 silam. Aktor 29 tahun itu dikontrak dengan bayaran CNY 5 juta. Atau setara dengan Rp 11,2 miliar. Namun, ia hanya menerima seperlimanya. Alias CNY 1 juta, atau Rp 2,2 miliar. Sisanya, semua diembat oleh manajemen yang mengurusnya.

Baca Juga

Diskrepansi yang sama disebut-sebut berlaku juga setiap kali Zhan mendapatkan endorsement produk. Ia adalah salah seorang bintang dengan tarif sponsor tertinggi. Namun, sekali lagi, sebagian besar harus disetor ke manajemen. 

Sebagai contoh, Zhan hanya menerima CNY 3,4 juta (sekitar Rp 7,6 miliar) untuk kerja sama dengan sebuah merek skin care selama setahun. Sebagai perbandingan, bintang lain seperti Angelababy atau Yang Mi akan menerima CNY 10 juta, alias Rp 22,3 miliar untuk pekerjaan yang sama. 

Ini bikin miris. Sebab, nama Zhan sering dianggap sebagai jaminan mutu sebuah karya. Ia selalu menjadi daya tarik utama (baca: barang jualan) rumah produksi drama maupun produk. Saat ini, misalnya, Zhan bermain dalam pementasan teater A Dream Like A Dream di Wuhan. Drama itu laris gila-gilaan. Tiket online-nya diperebutkan oleh lebih dari 130 ribu orang per detik! 

Saking banyaknya peminat, calo memborong tiket dan menjualnya lagi dengan ngawur. Dari harga normal CNY 1.880 (sekitar Rp 4,2 juta) menjadi CNY 30 ribu. Atau sekitar Rp Rp 67 juta! Meski begitu, orang tetap rela membelinya. Gedung teater selalu dipenuhi bunga dan ucapan selamat buat Zhan. 

’’Aku kasihan pada Xiao Zhan. Ia dibayar bahkan lebih rendah daripada selebriti yang levelnya jauh di bawahnya,’’ ungkap seorang fans di Weibo. ’’Mungkin itulah yang membuatnya bekerja lebih keras lagi untuk mengompensasi potongan yang tinggi,’’ duga fans lain. 

Setelah drama teater tuntas, ia sudah ditunggu sederet proyek. Seperti menggelar konser, mengerjakan iklan endorsements, hingga menjadi juru bicara sebuah merek mobil nasional. Mungkin Zhan harus ngobrol baik-baik dengan agensinya. Sambil bawa parang… (ekn)


Editor :
Publisher :
Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button