Kota Batu

Batu Goes to Digital, Pemkot Sediakan Internet Gratis

AMEG – Pemkot Batu menyiapkan layanan internet gratis di sejumlah objek vital bagi Masyarakat Kota Batu, demi mewujudkan Batu Goes to Digital. 

Kepala Diskominfo Kota Batu, Onny Ardianto, mengatakan, pemasangan instalasi internet gratis telah selesai dilakukan di Alun-alun Kota Batu, Taman Hutan Kota Bondas dan Taman Kenanga.

“Sesuai rencana, ada lima titik internet gratis pada 2021, tiga diantaranya sudah terealisasi,” beber Ony bangga, Kamis (26/8/21).

Dua titik yang belum terpasang berada di kawasan rest area Sidomulyo dan Balai Kelurahan Temas. Namun, informasi terbaru, untuk Balai Kelurahan Temas dialihkan ke Balai Desa Punten atau Kantor BPBD Punten, direalisasikan dalam waktu dekat. 

“Internet gratis bisa dinikmati 200 user di setiap titik. Kecepatannya mencapai 5 Mbps,” tuturnya. 

Saat ini pihaknya tengah membenahi firewall guna membatasi penggunaan YouTube, gaming, sosial media dan situs dewasa. 

“Kami tidak membatasi jika untuk kegiatan pendidikan, seperti sekolah daring dan sebagainya. Wifi gratis ini diharapkan tidak menimbulkan kerumunan, karena masih pandemi,” pintanya.

Soal program lanjutan 2022, pihaknya bakal melakukan memasang internet gratis di Bumiaji, tepatnya di Dusun Banaran, Dusun Mberu dan Dusun Binangun.

“Kami menganggarkan Rp 150 juta. Per titiknya Rp 50 juta,” beber dia.
Onny juga menjelaskan, dipilihnya kawasan Bumiaji merupakan bentuk penyesuaian anggaran yang dimiliki Diskominfo.

Jaringan internet gratis tersambung dari Balai Kota Among Tani sebagai titik pusatnya. Dari lima titik, pihaknya memperkirakan bentangan kabel mencapai 10 kilometer, menggunakan kabel darat.

Bandwidth yang ada di Balai Kota Among Tani mencapai 500 Mbps, menggunakan provider Lintasarta. Menurut Ony, hal itu sudah sesuai kebutuhan pada setiap SKPD.

Saat ini internet sangat di butuhkan. Lantaran pandemi Covid-19 belum usai. “Kebutuhan SKPD itu seperti zoom meeting. Dimana saat masa pandemi seperti ini sering dilakukan,” tandasnya. (*)


Editor : A Rizal
Publisher : Ameg.id
Sumber : Ameg.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM