Film

Komedi Romantis Klise yang Menghangatkan Hati

Mr Hong, Inspirasi Hometown Cha-Cha-Cha

Mr. Hong bukan karya terbaik Uhm Jung-hwa maupun mendiang Kim Joo-hyuk. Namun, film rilisan 2004 itu belakangan jadi sangat populer. Gara-gara akan di-remake dalam bentuk serial. Berjudul Hometown Cha-Cha-Cha. Yang dibintangi Kim Seon-ho dan Shin Min-ah.

***

AMEG – Dalam enam bulan terakhir, aktivitas di mesin-mesin pencari tentang Mr. Hong meningkat. Tepatnya setelah Kim Seon-ho dikabarkan menerima tawaran untuk bermain dalam serial yang diangkat dari film tersebut. Pencarian semakin gencar sejak 2 April. Setelah agensi Seon-ho, Salt Entertainment, mengonfirmasi bahwa Seon-ho menerima tawaran tersebut.

Tiba-tiba saja, media sosial dibanjiri foto-foto adegan Mr. Hong. Kelompok-kelompok fans, baik di Korea maupun internasional, gencar mencari file film tersebut. Lalu nonton bareng secara virtual. Mereka penasaran, seperti apa film yang bakal di-remake itu. Sambil membayangkan, bagaimana kalau peran tersebut dibawakan Seon-ho dan Min-ah.

Ini wajar. Mr. Hong bukan film populer di kalangan fans internasional. Apalagi, film tersebut dirilis 17 tahun yang silam. Waktu virus hallyu (gelombang Korea) belum semasif sekarang. Sulit mencari layanan streaming resmi yang menyediakan film lansiran CJ Entertainment tersebut. Seonhohada—sebutan fans Seon-ho—terpaksa bergerilya di situs-situs bawah tanah.

Setelah menontonnya, rata-rata fans puas. Sekali lagi, itu bukanlah film Korea terbaik yang tayang pada 2004. Premisnya sederhana. Plotnya juga tidak istimewa. Namun, setidaknya itu adalah film komedi romantis yang manis. Ringan. Lucu. Enggak rumit. Juga membawa kehangatan buat penonton.

Serbabisa

Mr. Hong sebenarnya menawarkan kisah cinta ala FTV. Atau novel-novel romance Danielle Steele dan Nora Roberts. Dua insan yang bertolak belakang, tiba-tiba saling jatuh cinta. Awalnya saling tidak suka. Tapi lama-lama naksir juga. Klise sih. Tapi tetap heartwarming. Khas film-film rom-com yang populer di dekade itu.

Cerita diawali dengan pengunduran diri Yoon Hye-jin (Uhm Jung-hwa), seorang dokter gigi, dari klinik besar tempat dia bekerja. Dia sebenarnya tidak sungguh-sungguh ingin resign. Niat awal dia adalah mengancam manajemen. Karena ada sistem yang tidak dia suka dari klinik tersebut. Eh, pengunduran diri dia diterima.

Setelah gagal mendapatkan pekerjaan baru di rumah sakit lain, Hye-jin pindah ke kota kecil di pinggir pantai. Penduduknya sedikit. Tapi belum ada dokter gigi di situ. Jadi dia tidak punya saingan. Ketika hendak mendekorasi klinik di ruko sewaan, warga setempat mengenalkan dia dengan Hong Doo-shik. Atau yang oleh para tetangga dipanggil Hong-banjang.

Hong-banjang yang rupawan ini tidak punya pekerjaan tetap. Tapi ia selalu sibuk. Ia bisa mengerjakan apa saja. Mulai yang remeh-remeh seperti mengangkat barang, mengantar makanan, menjadi kasir minimarket, sampai yang rumit-rumit. Seperti memperbaiki barang elektronik dan menukang.

Ia benar-benar serbabisa. Kita tak akan melihatnya mengerjakan dua pekerjaan yang sama dalam waktu berdekatan. Dia bahkan bisa menggantikan pekerjaan penyanyi kafe—dengan permainan gitar dan suara yang lumayan. Pendeknya, setiap kali para tetangga membutuhkan, ia sigap datang kapan pun. Tentunya tidak gratis. Bayarannya sekitar Rp 500 ribu sehari.

Bukan itu saja. Ia ternyata juga jago berantem. Style-nya gabungan antara Bruce Lee dan Neo-nya The Matrix. Ia bisa menghajar gerombolan preman dalam waktu singkat. Ia punya koneksi baik dengan kantor polisi setempat. Sehingga bisa membereskan aneka masalah hukum. Dan ketika Hye-jin membutuhkan, Hong-banjang bisa berpura-pura menjadi pacar dia…

Witing tresno jalaran soko nggelibet. Lantaran sering berurusan dengan Hong-banjang, Hye-jin jatuh cinta pada pria yang hanya setahun lebih tua dari dia itu. Dua kali dia mengajak pria tersebut berkencan. Namun dua kali juga ia ditolak. Aduh, sakitnya…

Akting Solid

Ada beberapa faktor yang membuat Mr. Hong masuk daftar wajib tonton. Tentunya selain karena ia bakal di-remake oleh Seon-ho dan Min-ah. Tapi karena film ini sendiri memang hangat dan menyenangkan. Ia adalah tipe film yang tidak butuh banyak energi untuk bisa dinikmati.

Ceritanya memang tidak spesial. Tapi plotnya mengalir santai. Dialognya sharp. Selipan humornya mengena. Dan Hong-banjangnya bikin penasaran. Setiap hari, kita menebak-nebak, akan menjalani profesi apa ia hari itu. Rasanya seperti bermain Where’s Waldo. Karena ia selalu muncul di tempat tak terduga. Mengerjakan hal yang tak terduga pula.

Faktor lain yang bikin film ini enjoyable adalah aktor para bintangnya. Uhm Jung-hwa, kini 51 tahun, awalnya dikenal sebagai penyanyi era 90an. Pada awal 2000, dia mulai terjun ke dunia akting. Dan malah nyaman di situ. Dia merebut dua trofi Aktris Terbaik Baeksang Arts Awards. Yakni dari film Marriage is a Crazy Thing (2002) dan Dancing Queen (2012).

Di Mr. Hong, dia berhasil menampilkan persona dokter gigi muda yang smart, independen, tapi juga butuh cinta. Di awal film, dia sukses membuat audiens sebal dengan perangai sok khas orang kota. Sudah begitu, dia terlibat masalah melulu. Tapi lama kelamaan, kita gemas juga melihat sikap dia berubah malu-malu genit setiap menatap Hong-banjang.

Akting Kim Joo-hyuk, sang pemeran Hong-banjang, juga sangat solid. Karakter Hong Doo-shik yang tegas dan cuek, tapi sangat ringan tangan, seperti sengaja dibuat untuknya. Sebagai orang yang—resminya—adalah pengangguran, penampilannya memang tidak selalu rapi. Namun, bahkan dalam kaus belel pun ia tetap bisa tampak charming.

Pesona aktor yang meninggal karena kecelakaan pada 2017 itu memang tidak main-main. Ia tidak butuh berdandan necis untuk membuat penonton jatuh cinta padanya. Dan pesona inilah yang dimiliki Kim Seon-ho. Sehingga fans sudah bisa membayangkan. Akan sekeren apa Hong Doo-shik di tangan Seon-ho nanti.

Nah kan, jadi makin tidak sabar menanti Hometown Cha-Cha-Cha. Serial yang naskahnya ditulis Shin Ha-eun itu rencananya dirilis pada akhir Agustus mendatang. Dan sudah dipastikan ia bakal tayang di Netflix. Yeay! (*)

Fun Fact

Usia

Saat Mr. Hong tayang pada 2004, Uhm Jung-hwa berusia 34 tahun. Dan Kim Joo-hyuk 32 tahun. Jung-hwa dua tahun lebih tua daripada pemeran Hong-banjang. Ketika Hometown Cha-Cha-Cha tayang, Shin Min-ah berumur 37 tahun. Sedangkan Kim Seon-ho 35 tahun.

Variety Show

Kim Joo-hyuk adalah cast member tetap acara ragam 2 Days & 1 Night musim ketiga. Tayang pada 2013-2015, plus sesaat pada 2017. Sejak Desember 2019, Kim Seon-ho mengikuti jejaknya menjadi cast member tetap 2 Days & 1 Night musim keempat.

Pemenang Baeksang

Baik Mr Hong maupun Hometown Cha-Cha-Cha dibintangi oleh pemenang Baeksang. Uhm Jung-hwa meraihnya pada 2002 dan 2012. Kim Joo-hyuk meraih trofi Aktor Terbaik TV lewat serial Lovers in Prague serta Aktor Pendukung Terbaik posthumous Baeksang 2019 lewat film Believer. Seon-ho dan Min-ah masing-masing menang pada 2021 dan 2016.

Golf

Dalam Mr. Hong, ada adegan Hong-banjang bermain golf bareng ayah Yoon Hye-jin. Sebelum konfirmasi drama Seon-ho keluar, ia diketahui belajar golf dan syuting memakai baju golf. Fans langsung mengira ia syuting Mr. Hong. Ternyata, ia membintangi iklan apparel golf.


Editor : Sugeng Irawan
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : Harian Di's Way

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM