Film

Berpikir Seperti Perempuan

Steven Zhang

AMEG – Steven Zhang menuai banyak pujian. Berkat penampilan di drama terakhirnya, The Day of Becoming You. Yang bertema gender-swapping. Alias pertukaran identitas. Zhang harus berakting menjadi perempuan yang terjebak dalam tubuh seorang pria.

Dalam drama sepanjang 26 episode itu, Zhang memerankan seorang idol dengan pembawaan kalem dan serius. Jiang Yi namanya. Dalam sebuah insiden, jiwanya tertukar dengan Yu Sheng Sheng (diperankan Liang Jie), seorang wartawan infotainment cewek yang lincah dan berisik.

Temanya memang biasa. Tapi cara Zhang membawakan peran tersebut sangat lucu. Tidak hanya komikal. Tapi juga sangat metodis. Aktor 25 tahun itu mampu menampilkan ekspresi dan bahasa tubuh yang cewek banget. Dalam segala situasi. Termasuk saat mengalami nyeri menstruasi. Penampilannya banyak dibicarakan di media sosial. Dan ramai dijadikan bahan meme.

Bahkan, ada yang bilang Zhang tidak pantas mendapat gelar Aktor Terbaik dalam ajang penghargaan. Melainkan Aktris Terbaik.

Steven Zhang dan Liang Jie

Zhang senang publik menerima peran itu dengan baik. Sebab, sebelum syuting, ia nervous berat. ’’Aku tertekan lho. Menurutku akan sulit meniru gerak-gerik Liang Jie,’’ ungkapnya, seperti dikutip QQ.

Selama persiapan, ia tidak hanya menghabiskan banyak waktu untuk melatih dialog. Tapi juga memperhatikan sang lawan main. Cara berbicara, cara berjalan, hingga bahasa tubuh Liang Jie. ’’Mulai dari saat pembacaan skrip hingga selama syuting, aku bersama dia terus. Itu sangat membantu,’’ papar bintang serial My Huckleberry Friends itu.

Namun, daripada sekadar memperhatikan gerak-gerik Liang Jie, ada satu metode yang membuatnya lebih menjiwai peran perempuan. Yakni, dia mencoba berpikir seperti cewek. Ia tidak dengan sengaja meniru sang lawan main. Tapi juga menempatkan dirinya pada situasi yang dihadapi perempuan tersebut.

’’Memahami logika karakter, itu kuncinya,’’ ucap Zhang. ’’Menurutku, performa akting yang bagus itu enggak bisa diukur. Tapi peran itu mengajakmu untuk merasa terlibat. Ini bukan soal seberapa sempurna aktingmu. Tapi akting itu harus punya elemen kejutan yang menyenangkan, tanpa melenceng dari skrip,’’ ia memaparkan.

Lalu, untuk bisa bergerak luwes seperti Liang Jie, Zhang memulai latihan dari core. Sebagai inti dari semua gerak tubuh. Lalu, ia perlahan-lahan ia membawa kelenturannya ke tulang dan otot. Yang dilihat penonton hanya eksterior yang sudah jadi. Padahal, prosesnya panjang. Tidak sekadar berakting ’’melambai’’.

’’Tapi yang paling penting, aku selalu menempatkan diriku di posisi si cewek, dan mencoba merasionalisasi pikiran dia. Barulah aku menampilkan akting sesuai dengan situasi yang kuhadapi,’’ tegas Zhang. Saat ini, seluruh episode The Day of Becoming You dapat dinikmati di IQIYI. (*)


Editor : Sugeng Irawan
Publisher : Rizal Prayoga
Sumber : Harian Di's Way

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM