Sahabat ER

Di Balik Topeng!

MERASA kagum saat pertama melihat  pergelaran seni di panggung sederhana. Seorang penari seribu topeng menari indah dalam panggung pentas di vihara mengikuti irama  gamelan. Saya ingin kenal dengan penarinya.

Di balik topeng itu ternyata adalah penari yang sangat berkarakter. Seniman yang sederhana. Kesan itu setelah saya berkenalan. Pak Jopo, nama penarinya sekaligus yang punya karya. Dari  cerita Pak Jopo bahwa topeng ini adalah wajah-wajah yang ada pada setiiap manusia; keras, manis, menakutkan, lucu.

Sambil mendengar cerita Pak Jopo,  saya merasakan apa yang ditampilkan penuh makna dalam kehidupan sesungguhnya. Seperti wajah-wajah manusia yang selalu menyembunyikan di balik topeng wajahnya.

Karya seribu topeng yang diciptakan Pak Jopo memberi ilmu mendalam untuk memahami karakter dan sifat seseorang,  kadang manis diawal tapi menakutkan di akhir cerita. Seperti sebuah persahabatan, yang ada hanya kepentingan sesaat.

Tidak berasa jadi cerita saling merasa di depan, atau menyembunyikan topeng yang diambil dari Pak Jopo.Saat ada undangan istimewa, suatu kehormatan pemerintah Kota Batu mewakili negara Indonesia bisa ikut dalam pameran pariwisata di Eropa Timur, di Praha ibukota negara Ceko. Ceko adalah sebuah negara di Eropa Timur yang terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia.

Persiapannya cukup mepet Belum punya pengalaman. Tim pemkot membawa tim kesenian untuk ikut pentas seni dalam agenda festival seni perwakilan negara yang ikut pameran pariwisata Eropa Timur.

Singkat  cerita, saya ikut dalam rombongan karena Dubes Indonesia di Ceko adalah sahabat saya. Pak Jopo juga ikut dalam rombongan dan saya minta untuk ikut tampil dengan seribu topengnya. Ya, ini pertama kalinya Pak Jopo tampil di luar negeri. Pertama kali tampil di stand pameran pariwisata international. Saat tampil di malam festival seni antar negara, syukur Alhamdulillah tarian seribu topeng yang dimainkan sendiri oleh Pak Jopo mendapatkan sambutan sangat luar bisa dari tamu dubes Eropa Timur. Tarian seribu topeng Pak Jopo dinobatkan sebagai penari favorite! Rombongan kawebe (Kota Wisata Batu) suprise. Seribu wajah di balik topeng Pak Jopo menarik di hati penonton warga Eropa Timur. Mereka terkesan dengan makna tarian seribu topeng.  Orang Eropa mendapat ilmu di balik topeng! Pak Jopo memang sangat sederhana. Dia seniman yang tidak pernah menuntut. Dalam hidup banyak pelajaran dari Pak Jopo. Semoga lahir topeng-topeng yang aslinya, bukan di balik-balik TOPENG! Pak Jopo akan terus menjadi seniman yang berbudi luhur, sederhana dan tersenyum.      

Sahabat ER
Semarang 12 April 2021.


Editor :
Publisher :
Sumber :

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

City Guide 911 FM